PENGARUH KEBIJAKAN MAKROEKONOMI DAN KUALITAS KELEMBAGAAN TERHADAP FOREIGN DIRECT INVESTMENT DI ASEAN-6–ANALISIS PANEL DATA Abstraksi / Abstracts:
Arus Foreign Direct Investment(FDI) adalah salah satu yang terpenting dalam globalisasi. Penanaman modal asing ke dalam negeri mendapat perhatian yang luar biasa karena dengan adanya FDI dapat memperluas produksi dan meningkatkan kinerja pasar keuangan. Dalam iklim globalisasi yang seperti sekarang ini, FDI menjadi salah satu alat bagi negara yang sedang berkembang untuk dapat meningkatkan perekonomian negara mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi masuknya FDI ke beberapa negara ASEAN, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Philiphina, dan Vietnam tahun 2000-2012. Penelitian ini menggunakan meode analisis data panel untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi masuknya FDI di ASEAN-6. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi masuknya FDIadalah Gross Domestic Product(GDP), Indeks kebijakan makroekonomi, indeks kualitas kelembagaan, dan rasio angkatan kerja. Berdasarkan analisis hasil data panel menunjukkan GDP, indeks kebijakan makroekonomi, dan indeks kualitas kelembagaan berpengaruh positif dan signifkan terhadap masuknya FDI di ASEAN-6.
Kata Kunci / Keywords:
Foreign Direct Investment, indeks kebijkan makroekonomi, indeks kualitas kelembagaan, rasio angkatan kerja, dan analisis data panel
FullText:
FullText